Makalah Pengling Membiasakan Siswa Siswi SD Membuang Sampah Pada Tempatnya


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Sampah merupakan konsekuensi dari adanya aktifitas manusia, setiap aktifitas manusia pasti menghasilkan sampah. Jumlah atau volume sampah sebanding dengan tingkat konsumsi kita terhadap barang/material yang kita gunakan sehari-hari. Demikian juga dengan jenis sampah, sangat tergantung dari jenis material yang kita konsumsi. Oleh karena itu pengelolaan sampah tidak bisa lepas juga dari pengelolaannya terhadap masyarakat. Masalah sampah sudah menjadi topik utama yang ada pada bangsa kita, mulai dari lingkungan terkecil sampai kepada lingkup yang besar. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penumpukan sampah ini. Namun yang pasti faktor individu sangatlah berpengaruh dalam hal ini.
Perlu kita ketahui juga bahwa sampah ada dua jenis yaitu sampah organik (bisa disebut sebagai sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Sampah basah adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup seperti daun-daunan, sampah dapur, dll. Sampah jenis ini dapat terdegradasi (membusuk/hancur) secara alami. Sebaliknya dengan sampah kering seperti kertas, plastik, kaleng, dll. Sampah jenis ini tidak dapat terdegrasi secara alami.
Sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana untuk menyelesaikan masalah sampah ini terutama membuang sampah pada tempatnya. Dalam hal inilah yang melatar belakangi saya menulis makalah bertemakan ”Membiasakan siswa siswi membuang sampah pada tempatnya”. Untuk menjawab hal ini saya melakukan studi kasus di SDN 1 Sindangrasa Ciamis.
  
1.2  Tujuan Penulisan
Sesuai dengan tugas dan amanat yang diberikan Ibu Kepala Sekolah SDN 1 Sindangrasa Ciamis yaitu agar para murid membuang sampah pada tempatnya, pembahasan dalam makalah ini bertujuan untuk memotifasi para murid agar menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih dari sampah. Serta mengetahui dampak dari membuang sampah sembarangan.
 
Untuk lengkapnya silahkan download disini 

 

Title : Makalah Pengling Membiasakan Siswa Siswi SD Membuang Sampah Pada Tempatnya
Description : BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Sampah merupakan konsekuensi dari adanya aktifitas manusia, setiap aktifitas manusia pasti menghasi...

0 komentar:

Posting Komentar